Membangun situs perusahaan dengan menggunakan WordPress

Viking KARWUR

Membangun situs perusahaan dengan menggunakan WordPress dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut: 1. Persiapan: Sebelum memulai, pastikan Anda telah mendaftar domain yang mewakili perusahaan Anda dan memiliki layanan hosting yang mendukung WordPress. Setelah memiliki domain dan hosting, Anda dapat menginstal WordPress. Banyak penyedia hosting menawarkan instalasi satu klik untuk mempermudah proses ini. Setelah instalasi selesai, Anda […]

Portfolio - MadebyVK - WordPress Web Design Jakarta, Indonesia

Membangun situs perusahaan dengan menggunakan WordPress dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Persiapan:
Sebelum memulai, pastikan Anda telah mendaftar domain yang mewakili perusahaan Anda dan memiliki layanan hosting yang mendukung WordPress. Setelah memiliki domain dan hosting, Anda dapat menginstal WordPress. Banyak penyedia hosting menawarkan instalasi satu klik untuk mempermudah proses ini. Setelah instalasi selesai, Anda akan mendapatkan akses ke dasbor WordPress yang dapat digunakan untuk mengelola konten dan pengaturan situs.

2. Pilih Tema WordPress:
Pemilihan tema adalah langkah penting. Pilih tema yang sesuai dengan citra perusahaan dan tujuan situs Anda. Pertimbangkan faktor seperti responsifitas, kecepatan, dan kemudahan penggunaan. Setelah memilih tema, instal dan aktifkan melalui dasbor WordPress. Beberapa tema memiliki pengaturan khusus yang memungkinkan Anda menyesuaikan warna, font, dan tata letak secara mendalam. Sesuaikan tema sesuai dengan identitas merek perusahaan Anda.

3. Pasang dan Atur Tema:
Setelah menginstal tema, langkah selanjutnya adalah mengatur pengaturan tema agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Anda dapat mengakses pengaturan tema melalui dasbor WordPress. Sesuaikan warna, font, dan tata letak agar mencerminkan identitas merek. Beberapa tema memiliki opsi untuk menambahkan logo perusahaan dan header kustom. Pastikan bahwa setiap perubahan yang Anda lakukan di halaman pengaturan tema tampak baik pada situs.

4. Buat Halaman Utama (Homepage):
Homepage adalah titik fokus utama. Gunakan blok Gutenberg untuk membuat sejumlah bagian yang menarik. Ini bisa mencakup bagian banner utama dengan tautan ke layanan atau produk utama perusahaan, informasi perusahaan singkat, testimoni pelanggan, dan formulir kontak singkat. Pastikan untuk menyediakan navigasi yang jelas dan mengundang pengunjung untuk menjelajahi lebih lanjut melalui situs Anda.

5. Buat Halaman-Halaman Lain:
Selain halaman utama, buat halaman-halaman tambahan seperti “Tentang Kami”, “Layanan”, “Produk”, dan “Hubungi Kami”. Isi setiap halaman dengan konten yang informatif dan relevan. Pilih kata-kata dengan hati-hati untuk mencerminkan nilai dan visi perusahaan Anda. Gunakan elemen visual seperti gambar dan video untuk menambah daya tarik halaman-halaman tersebut.

6. Menggunakan Plugin:
Plugin dapat memperluas fungsionalitas situs Anda. Instal plugin seperti Yoast SEO untuk meningkatkan optimasi mesin pencari, Contact Form 7 untuk membuat formulir kontak yang mudah digunakan, dan WooCommerce jika Anda berencana menjual produk secara online. Setelah menginstal plugin, pastikan untuk mengkonfigurasinya dengan benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

7. Optimasi SEO:
Meskipun plugin SEO seperti Yoast SEO dapat membantu, Anda juga perlu memahami dasar-dasar optimasi mesin pencari. Pilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda dan terapkan strategi SEO pada setiap halaman dan posting. Sesuaikan tag meta, judul, dan deskripsi untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di hasil pencarian.

8. Tambahkan Media dan Konten:
Tambahkan konten yang berkualitas ke setiap halaman. Gunakan gambar dan video yang relevan untuk menarik perhatian pengunjung. Pastikan konten tersebut tidak hanya informatif, tetapi juga sesuai dengan gaya dan tone merek perusahaan Anda. Gunakan blok Gutenberg untuk mempermudah proses penataan konten dan menyajikan informasi dengan cara yang menarik.

9. Responsif dan Ramah Mobile:
Pastikan situs Anda responsif dan dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile. Banyak pengguna internet mengakses situs melalui perangkat seluler, sehingga penting untuk memastikan bahwa situs Anda memberikan pengalaman pengguna yang baik di semua perangkat. Periksa tata letak, ukuran font, dan elemen visual lainnya untuk memastikan keberlanjutan penggunaan melalui perangkat mobile.

10. Uji Situs:
Sebelum meluncurkan situs secara resmi, lakukan uji menyeluruh. Periksa formulir kontak, tautan, dan fungsi lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Gunakan alat pengujian responsif untuk memeriksa tampilan situs pada berbagai perangkat dan browser. Pastikan situs Anda memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan tidak ada masalah teknis yang mencolok.

11. Pemeliharaan Terus-Menerus:
Jangan lupakan pemeliharaan situs secara berkala. Perbarui tema, plugin, dan WordPress ke versi terbaru untuk menjaga keamanan dan kinerja situs. Lakukan backup rutin untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Selalu perhatikan umpan balik pengguna dan perbaiki masalah segera ketika muncul.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara rinci, Anda dapat membangun situs perusahaan yang profesional dan efektif menggunakan platform WordPress.

Membangun situs perusahaan dengan menggunakan WordPress

Viking KARWUR is a Web Designer based in Jakarta, Indonesia.
(Remote NUSANTARA, Bali, Manado & Bekasi)

I am currently available for Freelance Work.

Web Designer Jakarta

Lead by Viking KARWUR, vikingkarwur.com also know as #MadebyVK is a small WordPress Web Design and Development based In Jakarta Bekasi, Indonesia.
Copyright © 2024 vikingkarwur.com

Work Hours

Monday - Friday
10.00 - 17.00
GMT+7
Jakarta Time

Friends

Finan Akbar Brave Browser Hostinger WeKawanua Global

Contact Us

Pondok Timur Mas R1/3
Jalan Pondok Jingga Mas 6
Bekasi 17147, Jawa Barat
Indonesia

WhatsApp
+62 85711592901
Web Designer Jakarta
Bekasi Nusantara
Manado Bali
Indonesia